Logo Bloomberg Technoz

Jokowi di Bogor Bagi Bansos Pangan: 210 Ribu Ton Beras Per Bulan

Dovana Hasiana
11 September 2023 16:30

Presiden Jokowi membagikan bansos pangan tahap kedua di gedung Bulog Dramaga, Bogor, Senin (11/9/2023).
Presiden Jokowi membagikan bansos pangan tahap kedua di gedung Bulog Dramaga, Bogor, Senin (11/9/2023).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah resmi menggelontorkan cadangan beras pemerintah (CBP) sebagai bantuan sosial (bansos) pangan tahap kedua, Senin (11/9/2023). Bansos pangan bakal berisi 10 kilogram per keluarga penerima manfaat (KPM).

Presiden Joko Widodo saat peluncuran bantuan di Gudang Bulog Dramaga, Bogor, mengatakan mulai September sebanyak 210 ribu ton beras per bulan akan disalurkan hingga November.

"Setiap bulan kira-kira 210 ribu ton beras dikeluarkan oleh Bulog untuk bantuan ke masyarakat dan itu sudah dimulai. September, Oktober sampai November. Masyarakat jangan sampai terdampak harga beras. Inflasi kita pun masih terjaga di 3,2 persen," ujar Presiden Jokowi, Senin (11/9/2023).

Bantuan pangan diharapkan bakal membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, khususnya selama tiga bulan ke depan. Selain itu, Jokowi berharap bantuan pangan ini dapat membantu mengendalikan harga beras di pasaran.

"Angka 210 ribu ton bukan angka sedikit dan ini ditujukan kepada 21,353 juta penerima. Setelah pasar ritel dan Cipinang diguyur beras Bulog, kemudian masyarakat diberi bantuan pangan, ini seperti operasi pasar. Jadi tidak usah khawatir," kata Jokowi.