Logo Bloomberg Technoz

AS dan Inggris Sanksi Warga Rusia Terkait Geng Hacker TrickBot

News
10 February 2023 08:51

Ilustrasi Hack Hacker (Dok Pixabay)
Ilustrasi Hack Hacker (Dok Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - AS dan Inggris telah memberlakukan sanksi terhadap tujuh tersangka anggota geng kejahatan siber TrickBot yang berbasis di Rusia.

Mengutip Bloomberg News, anggota kelompok tersebut diduga terkait dengan dinas intelijen Rusia dan telah melakukan aktivitas siber berbahaya yang menargetkan korban non-Rusia sejak 2014, termasuk serangan ransomware terhadap infrastruktur penting, rumah sakit, dan fasilitas medis di AS, Inggris, dan tempat lain, menurut Departemen Keuangan AS.

"Anggota grup TrickBot secara terbuka menyatakan mudahnya menarget fasilitas medis dan kecepatan pembayaran uang tebusan kepada grup tersebut," kata Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataan pada Kamis (09/02/2023).

Adapun pemerintah Inggris pada Kamis mengatakan upaya sanksi bersama ini menandai dimulainya tindakan terkoordinasi terhadap pelaku ransomware yang dipimpin oleh Inggris dan AS.

Surat dakwaan terhadap salah satu dari tujuh orang tersebut, Vitaly Kovalev, juga dibuka di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik New Jersey pada Kamis. Dia disebut sebagai anggota senior dalam grup TrickBot dan telah didakwa atas penipuan bank sebelum keterlibatannya dalam organisasi tersebut.