Logo Bloomberg Technoz

Kinerja Asuransi Jiwa: Pendapatan Naik Tipis, Premi Justru Turun

Yunia Rusmalina
24 August 2023 18:45

Asuransi Kesehatan dan BPJS Kesehatan untuk mengantisipasi risiko finansial kesehatan.
Asuransi Kesehatan dan BPJS Kesehatan untuk mengantisipasi risiko finansial kesehatan.

Bloomberg Technoz, Jakarta – Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melaporkan total pendapatan industri asuransi jiwa tercatat mengalami pertumbuhan tipis 1,8% pada semester I-2023, menjadi RP107,32 triliun. Di saat yang sama total pendapatan premi justru turun 9,9% menjadi Rp86,23 triliun.

Total pendapatan dari 56 perusahaan Asuransi Jiwa mencatatkan angka Rp107,32triliun, dibandingkan posisi sebelumnya tahun lalu Rp105,4 triliun. Peningkatan ini didorong oleh hasil investasi yang meningkat sampai 241,5%.

“Membaiknya tingkat perekonomian nasional memberikan dampak yang positif pada imbal hasil investasi. Hal ini tentunya juga berpengaruh pada pendapatan industri asuransi jiwa yang pada periode ini meningkat 1,8%,” kata Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon di Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Dirinya masih berharap dengan semakin membaiknya perekonomian ini juga semakin meningkatkan minat masyarakat terhadap industri asuransi jiwa. Pada akhirnya mampu mendorong pendapatan premi industri.

Sementara industri asuransi jiwa mencatatkan penurunan total pendapatan premi sebesar sebesar 9,9% menjadi Rp86,23 triliun.