Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan Asuransi: Klaim Kesehatan Naik Akibat Dampak Polusi

Yunia Rusmalina
24 August 2023 15:05

Polusi Udara di Jabodetabek (Bloomberg Technoz)
Polusi Udara di Jabodetabek (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua bidang Marketing dan Komunikasi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) , Novita Rumngangun menerangkan adanya klaim kesehatan yang meningkat di tahun 2023  erat kaitannya dengan dampak polusi yang meningkat. Selain adanya kaitan dampak polusi, klaim kesehatan meningkat juga disebabkan karena masyarakat Indonesia semakin sadar atas asuransi jiwa. 

“Dampak polusi ada kaitanya dengan klaim kesehatan kami, namun secara industri kami tidak memiliki angka yang jelas terutama data adanya peningkatan karena penyakit ISPA karena polusi udara, " ungkap Novita dalam acara konferensi pers di Jakarta, Kamis(24/08/2023). 

Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon menambahkan berdasarkan laporan anggota AAJI setiap kuartal memang memberikan laporan namun tidak secara detail jenis penyakit yang diderita.

“Hanya saja pengurus dan anggota AAJI memang ada kesamaan terkait dengan pola klaim," tuturnya. 

Budi merinci posisi penyakit ISPA semakin meninggi. Pada 2021 ISPA berada di level 15, setahun kemudian naik ke level 4. “Sekarang penyebab klaim ISPA nomor satu,” tuturnya.