Logo Bloomberg Technoz

3 Opsi Spin Off BTN Syariah, Akuisisi Masuk Kesepakatan Awal

Dityasa Hanin Forddanta
24 August 2023 08:00

Dok. Bank BTN
Dok. Bank BTN

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) atau BTN tengah bersiap melakukan pemisahan atau spin off unit usaha syariah (UUS), BTN Syariah. Setidaknya, ada tiga skema yang disiapkan untuk aksi korporasi ini.

Opsi pertama, Bank BTN akan mendirikan perusahaan baru atau meminta lisensi baru untuk Bank Umum Syariah. Opsi kedua, BTN akan mengakuisisi bank umum syariah untuk dijadikan cangkang BTN Syariah.

Opsi terakhir adalah, skema lain yang paling efisien. "Opsi yang akan dipilih merupakan yang paling efisien bagi perusahaan untuk mendirikan Bank Umum Syariah (BUS)," ujar Direktur Risk Management Bank BTN Setiyo Wibowo dalam keterangan resmi, Kamis (24/8/2023).

Setiyo mengatakan, untuk opsi akuisisi, Bank BTN telah melakukan penjajakan dengan beberapa bank syariah yang ada dan terus berkomunikasi untuk mendapatkan penawaran terbaik. Dia berharap proses akuisisi bisa terlaksana akhir tahun ini atau awal tahun depan.

“Sudah ada beberapa bank yang sudah kami jajaki dan melakukan non-disclosure agreement (NDA), proses masih terus berlangsung. Kami berharap bisa mendapatkan kesepakatan terbaik untuk proses spin off BTN Syariah,” jelasnya.