Logo Bloomberg Technoz

Soal Spin Off UUS, Kementerian BUMN Persilakan BTN Akuisisi

Mis Fransiska Dewi
22 August 2023 11:27

Dok. Bank BTN
Dok. Bank BTN

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian BUMN mempersilakan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau Bank BTN mengakuisisi bank syariah. Ini merupakan salah satu rangkaian skema pemisahan atau spin off unit usaha syariah (UUS).

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, baik pihak BTN dan Kementerian BUMN telah melakukan diskusi terkait rencana tersebut. Menurutnya, portofolio usaha BTN Syariah sudah cukup memadai dibanding bank lain di sektor sejenis.

Sehingga, tidak menutup kemungkinan UUS BTN menjadi bank syariah independen. Jika skema ini yang diambil, barulah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI melakukan kolaborasi bisnis.

"Kami izinkan BTN untuk mencari lisensi karena tidak ada lisensi baru. BTN sedang mencari lisensi syariah yang bisa mereka ambil alih banknya, nanti kami lakukan spin off -nya," jelas Tiko, sapaan akrabnya, Selasa (22/8/2023).

Tiko menambahkan, tidak ada keharusan spin off dilakukan dalam waktu dekat dari sisi regulasi. Namun, ia melihat skala atau size bisnis BTN syariah sudah besar. Sehingga, skema spin off UUS tersebut akan dimatangkan pada tahun ini.