Logo Bloomberg Technoz

Kementerian BUMN Ungkapkan Teknis Masuknya BSI ke BTN Syariah

Mis Fransiska Dewi
15 August 2023 10:34

Ilustrasi Bank BSI. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bank BSI. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Wamen BUMN I Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan,  PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) alias BSI nantinya akan menjadi pemegang saham BTN Syariah. Hal itu akan dilakukan setelah BTN (BBTN) melakukan spin off unit usaha syariah (UUS) miliknya. 

“Nanti BSI masuk sebagai pemegang saham. Jadi dua tahap BTN akan melakukan spin off dengan mencari cangkang perusahaan perbankan syariah yang sudah ada untuk kemudian memindahkan asetnya. Nanti BSI masuk melalui perusahaan cangkang itu,” kata Tiko, sapaan akrabnya, di Jakarta, Senin (14/8/2023).

Ia belum bisa memastikan bahwa BSI akan menjadi pemegang saham pengendali atau tidak. Ia menyebutkan masih dalam tataran konsep dan sedang dikaji.

“Lagi digagas polanya, karena BTN dan BSI merupakan perushaan publik. Jadi harus hati-hati. Ini masih rencana kajian,” imbuhnya.

Hal itu sekaligus mengkonfirmasi kabar yang mengatakan bahwa salah satu bank Himbara bermaksud untuk mengakuisisi bank, dimana BSI akan terlibat menjadi pemegang saham di bank tersebut. Hal ini untuk menindaklanjuti rencana spin off UUS BTN.