Logo Bloomberg Technoz

Ekspor Jam Tangan Swiss Mengalami Penurunan

News
22 August 2023 21:40

Toko jam tangan mewah. (Sumber: Bloomberg)
Toko jam tangan mewah. (Sumber: Bloomberg)

Andy Hoffman-Bloomberg News

Bloomberg, Ekspor jam tangan Swiss mengalami penurunan pada bulan Juli, menandakan penurunan pertama dalam lebih dari dua tahun, seiring dengan melemahnya permintaan untuk jam tangan mewah akibat kenaikan harga dan tekanan ekonomi.

Federasi Industri Jam Tangan Swiss menilai salah satu faktor utamanya adalah penurunan angka pengiriman atau ekspor ke China sebesar 0,9% pada bulan lalu. Total ekpor jam tersebut hanya 2,2 miliar franc Swiss atau setara US$2,5 miliar.

Ekspor ke China yang merupakan pasar kedua setelah Amerika Serikat mengalami penurunan sebesar 16,6% setelah mengalami lonjakan tahun lalu. Pengiriman ke Singapura yang merupakan pasar kunci juga mengalami penurunan sebesar 7,9% dibandingkan dengan kenaikan yang kuat setahun lalu.

Permintaan terhadap jam tangan tersebut sempat mengalami lonjakan hingga di atas 24 miliar franc pada 2022. Sejumlah jenama seperti Omega, Patek Philippe, dan Rolex pun telah menaikkan harga untuk menutupi biaya produksi yang lebih tinggi, meningkatkan penjualan dan keuntungan di tengah tren naik tersebut.

Indeks ekspor jam tangan mewah Swiss. (Sumber: Bloomberg)