Logo Bloomberg Technoz

Yellen: Inflasi AS Bisa Turun Tanpa Korbankan Pasar Tenaga Kerja

News
15 August 2023 05:36

Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)
Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)

Christopher Condon - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen menyatakan inflasi negaranya akan menurun tanpa mengganggu pasar tenaga kerja. Yellen juga mengamati perkembangan internasional, yang mungkin memiliki konsekuensi antara harga dengan output ekonomi.

“Pemerintah terus berkomitmen mengambil tindakan menurunkan harga-harga bagi warga AS apapun cara yang kami bisa, dan  kami selalu melihat terutama di luar negeri, yang dapat mempengaruhi harga dan pertumbuhan,” kata Yellen dalam pidato yang disampaikan di Las Vegas hari Senin (14/8/2023).

“Kami tahu jika progress jarang terjadi dapat bergerak secara garis lurus. Namun saya masih percaya bahwa ada jalan untuk terus mengurangi inflasi sambil mempertahankan pasar tenaga kerja yang sehat,” ucap  dia.

Yellen mempercayai jika langkah yang diambil oleh pemerintah Presiden Joe Biden membuat warga AS berada di posisi lebih baik, dibanding tahun lalu. Ia menunjuk pada turunnya tingkat inflasi tahunan menjadi 3,2% pada Juli, dari level tertingginya yaitu 9,1% Juni 2022–angka yang menjadi rekor selama 4 dekade terakhir.