Logo Bloomberg Technoz

Yellen Sebut Pelemahan Ekonomi China Berdampak ke Global

News
18 July 2023 07:30

Menteri Keuangan AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)
Menteri Keuangan AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)

Christopher Condon dan Annmarie Hordern - Bloomberg

Bloomberg News, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen mengatakan risiko perlambatan ekonomi China menyebabkan riak di seluruh ekonomi global, meskipun dia tidak memperkirakan resesi di AS.

"Banyak negara bergantung pada pertumbuhan China yang kuat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi mereka sendiri, terutama negara-negara di Asia, dan pertumbuhan yang lambat di China dapat memiliki dampak negatif bagi AS," kata Yellen dalam wawancara dengan Bloomberg Television, Senin (17/07/2023).

Di AS, "pertumbuhan melambat, tetapi pasar tenaga kerja kami tetap kuat, saya tidak memperkirakan resesi," kata Yellen. Perekonomian berada di "jalur yang baik" untuk menurunkan inflasi tanpa melemahnya pasar tenaga kerja, katanya.

Laporan minggu lalu tentang inflasi AS menurut Yellen cukup menggembirakan. Data yang diumumkan Rabu itu menunjukkan bahwa harga, tidak termasuk makanan dan energi, naik 0,2% pada bulan Juni dari bulan sebelumnya. Kenaikan terkecil sejak Agustus 2021. Inflasi berjalan pada kecepatan tahunan 3%, turun jauh dari puncak tahun lalu di atas 9%.