Logo Bloomberg Technoz

BPS: PPKM Dilonggarkan, 5,4 Juta Turis Asing Kunjungi Indonesia

Rezha Hadyan
06 February 2023 16:59

Turis menikmati Pantai Kuta, Bali dengan berselancar. (Dok Nyimas Laula/Bloomberg)
Turis menikmati Pantai Kuta, Bali dengan berselancar. (Dok Nyimas Laula/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia sepanjang 2022 mengalami peningkatan signifikan seiring dengan pelonggaran pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala BPS Margo Yuwono menyebut kunjungan wisatawan mancanegara pada 2022 naik 384,12% dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year on year/YoY). Adapun, secara kumulatif pelancong dari luar negeri yang datang ke Indonesia naik hingga 251.28%.

"Penyelenggaraan event-event internasional, pelonggaran aktivitas saat hari raya keagamaan mendorong tumbuhnya aktivitas masyarakat sepanjang tahun," katanya dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (6/2/2023). 

BPS mencatat kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 5,47 juta orang sepanjang 2022. Sebanyak 4,14 juta masuk melalui pintu masuk utama atau bandara dan pelabuhan internasional dan sisanya 1,32 juta masuk lewat pintu perbatasan.

Melonjaknya kunjungan wisatawan mancanegara bukan sesuatu yang mengherankan. Sebab, pemerintah sudah sepenuhnya membuka bandara internasional untuk menyambut mereka seiring dengan dilonggarkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).