Logo Bloomberg Technoz

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Timur Lampaui Jawa

Rezha Hadyan
06 February 2023 16:02

Transaksi di Pasar Tradisional (Dok. Unsplash)
Transaksi di Pasar Tradisional (Dok. Unsplash)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi di wilayah timur Indonesia ternyata melampaui pertumbuhan ekonomi di Jawa yang notabene adalah pusat perekonomian nasional.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyebut pertumbuhan ekonomi di Sulawesi, Maluku, dan Papua berhasil melampaui Jawa pada 2022. Tercatat, perekonomian di Jawa hanya tumbuh 5,31%, masih di bawah pertumbuhan di wilayah tersebut.

"Pertumbuhan di bagian timur tumbuh cukup impresif. Maluku dan Papua tumbuh 8,65% [year on year/YoY]. Kemudian pertumbuhan tertinggi di kelompok Provinsi Sulawesi sebesar 7,05%," katanya dalam konferensi pers yang digelar pada Senin (6/2/2023).

Margo mengungkapkan pertumbuhan ekonomi di Maluku dan Papua ditopang oleh sektor pertambangan dan penggalian serta transportasi dan pergudangan. Kemudian di Sulawesi sektor industri pengolahan serta pertambangan dan penggalian yang menjadi tulang punggungnya.

Adapun, di Jawa sektor perdagangan dan informasi komunikasi menjadi kontributor terbesar pertumbuhan ekonomi. DKI Jakarta selaku ibu kota menjadi provinsi yang menyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar dari provinsi-provinsi lain di wilayah tersebut.