Logo Bloomberg Technoz

Dukung Produk Lokal, India Batasi Impor Laptop

News
03 August 2023 17:20

Ilustrasi Laptop (Lanna Apisukh/Bloomberg)
Ilustrasi Laptop (Lanna Apisukh/Bloomberg)

Sankalp Phartiyal - Bloomberg News

Bloomberg, India akan meminta lisensi untuk impor komputer, dari laptop hingga tablet. Keputusan ini dibuat sebagai rangkaian tindakan pemerintah untuk mendorong produksi elektronik lokal.

Berdasarkan pemberitahuan dari Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri, para pembeli diharuskan meminta izin untuk mengimpor laptop, tabelt, komputer pribadi, dan komputer kecil serta server. Jenis PC yang ditetapkan sebagai "capital goods" atau barang modal dapat dikecualikan.

Setelah pengumuman tersebut, saham produsen elektronik lokal naik. Saham Amber Enterprises India Ltd naik sebanyak 3,3%, Dixon Tecnologies India naik 5,5%, dan PG Electroplast Ltd melonjak 2,8%.

Pembatasan tersebut merupakan bagian dari kebijakan yang dirancang untuk mencegah impor elektronik asing yang dilakukan selama bertahun-tahun, juga tarif yang tinggi. Pemerintahan Perdana Menteri (PM) Narendra Modi telah meluncurkan rencana insentif keuangan sebesar 170 miliar rupee untuk menarik para pembuat laptop, tablet, dan perangkat keras lainnya ke India karena perusahaan ingin mendiversifikasi rantai pasokan di luar China.