Logo Bloomberg Technoz

Pembelian Emas India Diramal Turun ke Level Terendah Sejak 2020

News
01 August 2023 16:20

Butiran emas dituangkan ke dalam wadah untuk selanjutnya diubah menjadi emas batangan di kilang MMTC-PAMP India (Bloomberg)
Butiran emas dituangkan ke dalam wadah untuk selanjutnya diubah menjadi emas batangan di kilang MMTC-PAMP India (Bloomberg)

Swansy Afonso - Bloomberg News

Bloomberg, Pembelian emas di India tahun ini diperkirakan akan turun ke level terendah sejak pandemi Covid-19 melanda negara pada 2020. Harga domestik yang tinggi menjadi penghalang masyarakat untuk membeli logam mulia itu.

Orang India diperkirakan akan membeli 650-750 ton emas pada tahun 2023, kata P.R. Somasundaram, kepala eksekutif regional World Gold untuk India. Angka ini lebih rendah dari pembelian tahun lalu sebesar 774 ton dan paling rendah tahun 2020 dengan pembelian 446, menurut data grup yang berbasis di London.

"Melihat sisa tahun ini, kami tetap berhati-hati dengan permintaan emas karena menghadapi ketidakpastian dampak dari kenaikan harga lokal dan perlambatan dalam pengeluaran diskresioner," katanya.

Permintaan Emas India jatuh menyamai permintaan 2020 (Bloomberg)

Secara historis emas merupakan investasi yang populer di India, terutama di daerah pedesaan di mana sulit mengakses layanan perbankan. Konsumen biasanya membeli perhiasan emas untuk perayaan pernikahan, dan koin dan batangan sebagai investasi selama serangkaian perayaan yang berpuncak pada Diwali, atau Festival Cahaya, yang tahun ini jatuh pada bulan November.