Logo Bloomberg Technoz

Bukti Baru Vendor iPhone Lirik India Kurangi Ketergantungan China

News
01 August 2023 11:40

Suasana pabrik Foxconn, produsen utama iPhone milik Apple. (Dok Bloomberg)
Suasana pabrik Foxconn, produsen utama iPhone milik Apple. (Dok Bloomberg)

Sankalp Phartiyal - Bloomberg News

Bloomberg, Suplier utama Apple Inc, Foxconn Technology Group, berencana meningkatkan investasinya menjadi lebih dari US$1,2 miliar atau setara Rp18 triliun (asumsi Rp15.000/US$) di negara bagian Karnataka, India selatan dan menambah dua pabrik komponen di sana.

Hal itu adalah langkah diversifikasi untuk memitigasi risiko-risiko dari sanksi-sanksi ekonomi dan teknologi Amerika Serikat (AS) pada China.

Setidaknya salah satu pabrik yang akan dibangun oleh perusahaan Taiwan ini di Karnataka akan memproduksi komponen Apple, termasuk iPhone, kata beberapa sumber yang mengetahui perihal ini. Pabrik kedua juga akan dibangun di wilayah itu tetapi lokasi pastinya belum diputuskan. Pengumuman mengenai rencana ini diumumkan paling cepat pekan ini.

Foxconn menghabiskan US$500 juta (Rp7,5 triliun) untuk dua kompleks pabrik ini, yang akan dibangun di atas lahan seluas 300 hektar yang dekat dengan bandara di Bengaluru, ibukota Karnataka, demikian dilaporkan sebelumnya oleh Bloomberg News. Pabrik tersebut diperkirakan akan menciptakan sekitar 100.000 lapangan pekerjaan.

Foxconn (Lam Yik Fei/Bloomberg)