Logo Bloomberg Technoz

Single Gateway, Aplikasi Pencarian SPKLU Diluncurkan Akhir Tahun

Arif Subakti
31 July 2023 13:40

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar (tengah) di dampingi Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo sedang mencoba SPKLU.
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar (tengah) di dampingi Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo sedang mencoba SPKLU.

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah menargetkan aplikasi pencarian charging station atau stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) bernama Single Gateway rampung dalam lima bulan ke depan.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Unit Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Havidh Nazif mengatakan fokus pemerintah saat ini adalah meningkatkan animo masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Terkait dengan hal itu, lanjutnya, pemerintah akan segera meluncurkan sistem aplikasi yang disebut Single Gateway, yang ditargetkan rampung sebelum akhir tahun ini dan dapat dioperasikan secara optimal per tahun depan.

“Dalam masa transisi ini, untuk satu tahun ke depan, pada 2024 Single Gateway ini harus sudah selesai. Kami masih [butuh] lima bulan ke depan untuk menyempurnakan Single Gateway-nya,” tegas Havidh di sela acara Sosialisasi Tarif dan Biaya Layanan Untuk Percepatan Pengembangan Charging Station, Senin (31/7/2023).

Saat ini, klaimnya, jumlah penggunaan EV di Tanah Air mencapai sekitar 63.000 unit. Sebanyak 15.000 di antaranya merupakan kendaraan penumpang, sedangkan se 47.000 merupakan kendaraan listrik roda dua.