Logo Bloomberg Technoz

Pelanggan Kripto Tembus 17 Juta, Kalahkan Investor Pasar Modal

Roy Franedya
20 July 2023 18:40

Ilustrasi aset digital kripto. (dok Bloomberg)
Ilustrasi aset digital kripto. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bappebti mencatat jumlah pelanggan aset kripto terdaftar hingga Juni 2023 telah mencapai 17,54 juta pelanggan. Angka ini lebih tinggi dari jumlah investor pasar modal Indonesia yang mencapai 11,23 juta investor individu.

Dalam catatan Bappebti pada bulan Juni saja, terdapat penambahan pelanggan aset kripto sebesar 141,8 ribu pelanggan. Nilai transaksi perdagangan fisiknya mencapai Rp8,97 triliun atau naik 9,3% dari bulan sebelumnya. Adapun jenis aset yang banyak ditransaksikan yaitu Tether (USDT), Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Ripple (XRP) dan Binance Coin (BNB).

Meski begitu sepanjang semester I-2023 total nilai transaksi kripto di tanah air tercatat sebesar Rp66,44 triliun atau turun 68,65% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kepala Bappebti Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko menilai penurunan nilai transaksi tersebut disebabkan antara lain karena pasar kripto global mengalami penurunan volume perdagangan, potensi krisis likuiditas rendah yang berdampak negatif pada stabilitas harga dan efisiensi pasar, serta tekanan jual melonjak yang menyebabkan harga aset kripto terkoreksi.

Plt Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Kebijakan Federal Reserve Pemerintah Amerika Serikat terkait kenaikan suku bunga menyebabkan perubahan perilaku masyarakat dari yang sebelumnya memilih bertransaksi aset digital beralih ke tabungan. Selain itu, saat ini masyarakat masih menunggu kebijakan pemerintah terkait UU P2SK.