Logo Bloomberg Technoz

RI Impor 500 Ribu Ton Beras Amankan Pasokan, Sebagian Tertahan

Rezha Hadyan
02 February 2023 16:38

Ilustrasii beras BULOG. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasii beras BULOG. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) menyatakan sebagian besar beras yang diimpor untuk memenuhi Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sudah tiba di Tanah Air. Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyebut sebanyak 300 ribu ton dari 500 ribu ton beras yang diimpor. Hal itu dilakukan untuk memenuhi CBP sudah berada di gudang penyimpanan milik perusahaan. 

Adapun, sisanya masih dalam perjalanan atau menunggu bongkar muatan di pelabuhan. Beras impor tersebut ditargetkan masuk ke Indonesia paling lama 15 Februari 2023. Seluruhnya akan masuk dalam stok beras impor yang dikuasai oleh Bulog sebanyak 594 ribu ton.

“Sisanya masih berada di lautan dan menunggu bongkar di pelabuhan. Untuk yang menunggu bongkar ini, menunggu cuaca baik atau clear agar beras tidak rusak,” katanya di Kantor Pusat Bulog, Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Walaupun demikian Buwas, demikian sapaan akrabnya menyebut secara umum proses yang dilalui sejauh ini tak menemui kendala. Beras tersebut dikirim dari sejumlah negara meliputi Pakistan, Myanmar, Vietnam dan Thailand.

“India tidak masuk karena produksinya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Beberapa negara memang sudah menutup keran ekspor mereka,” ungkap Buwas.