Logo Bloomberg Technoz

KIB Layu Sebelum Berkembang, Golkar Ancang-ancang Poros Baru

Sultan Ibnu Affan
12 July 2023 01:00

Menteri Airlangga Hartarto saat meninjau KEK Sanur dan KEK Kura Kura, Bali. (Dok Kemenko Perekonomian)
Menteri Airlangga Hartarto saat meninjau KEK Sanur dan KEK Kura Kura, Bali. (Dok Kemenko Perekonomian)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diusung tiga partai semakin tidak menentu setelah PAN dan PPP bermain mata dengan koalisi lain. Sekarang Partai Golkar dari internal mendapat desakan agar segera menentukan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Hal ini terlihat dalam rekomendasi yang dikeluarkan oleh Dewan Pakar Golkar yang meminta Ketua Umum Airlangga Hartarto membuat satu poros baru di luar koalisi yang sudah ada saat ini dan mencalonkan diri sebagai calon presiden partai itu. 

Untuk mencapai tujuan memenangkan pilpres itu, Dewan Pakar Golkar mengusulkan pula penyelenggaran Program Airlangga Hartarto menyapa rakyat di seluruh Indonesia. 

Sekjen Partai Golkar Lodewijk F. Paulus mengatakan DPP Golkar sudah menerima rekomendasi tersebut dan akan dengan segera mengambil langkah yang diperlukan untuk memenuhinya. 

"Pasti ada keputusanlah, Agustus. Pasti bulan Agustus itu namanya udah mau pendaftaran, pasti sudah ada keputusan jadi tunggu aja," kata Lodewijk di gedung DPR, Selasa (11/7/2023).