Logo Bloomberg Technoz

Nakes Ancam Mogok Massal karena UU Kesehatan, Ini Kata Menkes

Sultan Ibnu Affan
11 July 2023 18:13

Ribuan dokter dan perawat demo menentang RUU Kesehatan di Patung Kuda, Jakarta, Senin (8/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ribuan dokter dan perawat demo menentang RUU Kesehatan di Patung Kuda, Jakarta, Senin (8/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Beberapa organisasi profesi dan tenaga kesehatan (nakes) mengancam bakal melakukan mogok kerja setelah pengesahan RUU Kesehatan Omnibus Law hari ini. Menyikapi hal itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa kondisi ini merupakan konsekuensi negara demokrasi yakni ada pro dan kontra.

"Saya rasa di alam demokrasi ini, saya sangat menghargai perbedaan pendapat. Diskursus itu adalah hadiah di krisis keuangan tahun 98. Jadi saya tidak ingin mundur balik (ke masa itu) bahwa orang tidak boleh kritik," kata Budi di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Budi menyebutkan, perbedaannya pendapat itu wajar. Namun ia memberi catatan bahwa pendapat harus disampaikan dengan cara yang sehat. Ia juga mempersilakan pihak yang menolak UU tersebut untuk menyampaikan langsung kepada dirinya.

"Sampaikan dengan cara yang sehat, saya sendiri terbuka anytime. Kalau mau ada yang datang menghadap, menyampaikan masukan, enggak akan menutup itu, WA (WhatsApp) akan saya balas, tapi kita juga mesti sadar kalau kita belum tentu selalu sama," jelasnya.

"Masing-masing punya argumentasi yang berbeda-beda, dan awak-awak media di sini saya welcome untuk dilakukan check and balances argumen mana yang paling tepat," sambungnya.