Logo Bloomberg Technoz

Dia mengatakan bahwa Airlangga pun sudah melakukan safari ke banyak daerah untuk pemenangan pemilu. 

Desakan Dewan Pakar Golkar dipicu oleh langkah-langkah mitra koalisi mereka di KIB yang mulai mengambil langkah di luar KIB. 

PAN dikabarkan mulai mendekati KIR sementara PPP condong ke poros yang dipimpin PDIP setelah menyatakan dukungan terhadap capres Ganjar Pranowo. 

Sementara Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Gerindra selama ini berkomunikasi intensif dengan Golkar. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Airlangga bahkan beberapa kali bertemu. Namun saat ditanya sinyalemen akan ada koalisi, Muzani menyatakan Gerindara posisi menunggu.

"Kami tidak mau ge-er, mudah-mudahan. Tapi harapan kami Golkar bisa bersama-sama dengan Gerindra untuk mengusung beliau (Prabowo) sebagai calon presiden," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Bursa cawapres hingga kini masih dinamis karena belum ada koalisi yang mendeklarasikannya secara resmi pasangan dari Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

Peta koalisi pun masih terus akan berubah mendekati pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden ke KPU pada 19 Oktober-25 November 2023.

Diketahui Dewan Pakar Golkar yang diketuai Agung Laksono mengeluarkan tiga rekomendasi termasuk membentuk poros baru di pemilu dengan memastikan memenuhi presidential treshold 'ambang batas presiden". 

Isi tiga rekomendasi Dewan Pakar sebagai berikut:

1. Membentuk poros baru di luar bakal koalisi pencapresan yang ada sejauh memenuhi electoral-presidential. Poros ini dianggap akan menguntungkan kedudukan dan posisi Partai Golkar. Dengan demikian Golkar memiliki kendaraan politik dalam pencapresan. Poros baru juga dianggap akan membangkitkan moril seluruh caleg sebagai pejuang partai di garis depan dalam Pemilu 2024

2. Sejalan dengan rekomendasi di poin pertama, Ketua Umum DPP Partai Golkar sebagai mandataris munas yaitu Airlangga Hartarto mendeklarasikan diri sebagai calon presiden Partai Golkar dan menentukan cawapresnya sesegera mungkin dengan batas waktu selambatnya sebelum Agustus 2023 berakhir

3. Dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024, Dewan Pakar Partai Golkar mengusulkan agar saudara Airlangga Hartarto bersama Partai Golkar menyelenggarakan Program Airlangga Hartarto menyapa rakyat di seluruh Indonesia demi memenangkan Pilpres dan Pileg 2024.

(ezr)

No more pages