Logo Bloomberg Technoz

Ada Manajer Investasi Untung Besar dari Krisis Perbankan Eropa

News
29 June 2023 19:00

Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)

Laura Benitez & Nishant Kumar - Bloomberg News

Bloomberg - GoldenTree Asset Management menghasilkan laba sekitar US$100 juta atau Rp1,5 triliun (kurs US$1 = Rp15.000) dalam beberapa pekan  setelah penyelamatan darurat Credit Suisse Group AG oleh UBS Group AG. Keuntungan ini didorong oleh spekulasi tepat waktu pada obligasi Tier 1 Tambahan (Additional Tier 1/AT1).

Perusaan ini membeli sekitar US$300 juta dari berbagai obligasi AT1 bank dengan harga rendh pada hari-hari setelah merger. Nilai pembelian menghapus US$17 miliar dari obligasi dari Credit Suisse dan pihak lain, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Obligasi AT1 termasuk dalam kategori sekuritas berisiko yang digunakan sebagai penyangga modal saat bank mengalami krisis. Penghapusan tersebut memicu kerugian harian terbesar dalam sejarah catatan.

GoldenTree mengambil obligasi semacam itu sebagai langkah oportunistik untuk memanfaatkan gangguan industri perbankan. Mereka membeli surat utang ketika harga jatuh ke kisaran antara 60 sen dan 80 sen, kata salah satu orang sumber yang meminta namanya tidak dsebutkan.