Logo Bloomberg Technoz

Syarat Turki Agar Dukung Swedia Gabung NATO

News
23 June 2023 13:45

Bendera NATO. (Marlene Awaad/Bloomberg)
Bendera NATO. (Marlene Awaad/Bloomberg)

Selcan Hacaoglu - Bloomberg News

Bloomberg,  Turki ingin Swedia mulai mengekstradisi atau mengusir tersangka separatis Kurdi sebelum KTT NATO bulan depan. Menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut, permintaan itu merupakan syarat yang diberikan oleh Turki kepada Swedia untuk membantu memenangkan dukungan bergabung dengan NATO.

Swedia, bersama negara tetangga Finlandia, berusaha menjadi anggota NATO setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 2022. Finlandia bergabung pada April, tetapi Turki memblokir aksesi Swedia dan menuduh negara tersebut menawarkan perlindungan kepada aktivis politis yang dicari atas tudingan terorisme. 

Swedia mencabut larangan penjualan senjata ke Turki dan mengubah undang-undang anti-terorismenya sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai tahun lalu untuk memecah kebuntuan. Presiden Recep Tayyip Erdogan memberi isyarat pekan lalu bahwa langkah-langkah tersebut mungkin tidak cukup bagi Swedia untuk mendapatkan dukungan dari Turki di KTT NATO yang akan digelar di Vilnius, Lithuania.

Peta keanggotaan NATO. (Sumber: Bloomberg)

Menurut sumber yang tak ingin disebutkan namanya, Turki ingin Swedia mulai mengekstradisi atau mengusir para tersangka untuk membuktikan keseriusan dalam menerapkan aturan baru. Turki telah menuntut ekstradisi lebih dari 130 orang, kebanyakan dari mereka adalah separatis Kurdi.