Logo Bloomberg Technoz

Prospek Makin Cerah, Simak Rekomendasi Saham BBRI Berikut

Muhammad Julian Fadli
12 June 2023 17:00

Ilustrasi pelayanan Bank BRI. (Dok. BRI)
Ilustrasi pelayanan Bank BRI. (Dok. BRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Didukung dengan pulihnya aktivitas ekonomi dengan tingkat pemulihan kredit dan kualitas aset yang diperkirakan meningkat, sementara biaya dana (Cost of Fund/CoF) diperkirakan turun, menjadikan prospek saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) lebih potensial, dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Sejumlah katalis tersebut membuat RHB Sekuritas Indonesia merevisi naik target harga saham BBRI dari semula Rp5.800/saham menjadi Rp6.450/saham.

Bersamaan dengan estimasi kinerja keuangan 2023 direvisi naik sebesar 12%, dengan proyeksi laba bersih dari sebelumnya Rp55,95 triliun menjadi senilai Rp62,88 triliun. Sedangkan estimasi pendapatan bunga bersih (Net Interest Income/NII) direvisi naik dari sebelumnya Rp126,34 triliun menjadi Rp140,41 triliun.

Pergerakan Saham BBRI (Bloomberg)

"Tingkat pemulihan kredit dan kualitas aset diperkirakan meningkat, sementara biaya dana (CoF) diperkirakan turun. Rasio biaya terhadap pendapatan (Cost Income Ratio/CIR) diperkirakan membaik seiring dengan sinergi yang lebih baik dengan anak usahanya Permodalan Nasional Madani (PMN) dan Pegadaian," papar tim research RHB Sekuritas dalam riset tersebut.

Kenaikan target harga saham BBRI juga didukung optimisme manajemen BBRI dapat kembali menurunkan rasio kredit bermasalah (Non-Performing Loan/NPL) ke level 2,6–2,8% hingga kinerja akhir 2023.