Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub Janji Launching Kereta Cepat Tak Ngaret dari Agustus

Rezha Hadyan
12 June 2023 14:30

Kereta Cepat Indonesia China ( Dok kcic.co.id )
Kereta Cepat Indonesia China ( Dok kcic.co.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut menepis kabar mundurnya rencana pengoperasian Kereta Cepat Jakarta—Bandung (KCJB) ke Januari 2024 akibat diduga masih diadang sejumlah kendala teknis.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menyebut tanggal operasi komersial atau commercial operation date (COD) KJCB masih sesuai target. Proyek yang dipenggawai oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) itu akan mulai beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023.

"Enggak molor. Insyaallah Agustus [2023], sesuai dengan rencana. Masyarakat sudah bisa uji coba," katanya ketika dihubungi oleh Bloomberg Technoz, Senin (12/6/2023).

Belum lama ini, ramai pemberitaan di media asing bahwa KCJB tidak memungkinkan untuk diluncurkan sesuai target karena alasan teknis. Salah satunya adalah belum selesainya konstruksi Stasiun Karawang yang menjadi pemberhentian pertama setelah kereta meninggalkan Jakarta.

Selain itu, dalam sebuah laporan internal yang bocor ke publik, Kemenhub dan tiga konsultan –yakni MacDonald, PwC, dan Firma Hukum Umbra– dikabarkan menolak meluluskan izin operasi komersial sesuai jadwal yang ditentukan semula karena alasan tersebut.