Logo Bloomberg Technoz

"Sanksi Barat pada dasarnya telah menutup pintu bagi para miliarder Rusia dan mendorong mereka untuk lebih dekat dengan Kremlin. Hal ini, tentu saja, meningkatkan kontrol Rusia atas kekayaan mereka dan mendukung seruan Putin agar para elite berinvestasi di Rusia dan membawa pulang uang mereka," kata Liana Semchuk, seorang analis di perusahaan penasihat Inggris, Sibylline.

Vagit Alekperov, salah satu pendiri Lukoil PJSC, produsen minyak terbesar kedua di Rusia, mengajukan penawaran pengambilalihan saham pengendali senilai miliaran dolar di Yandex, mesin pencari yang dominan di Rusia, orang-orang yang mengetahui hal ini mengatakan bulan lalu, menandai investasi besar pertama taipan ini ke sektor di luar minyak.

Contoh lainnya adalah miliarder Vladimir Potanin, orang terkaya di Rusia dan pemegang saham terbesar di perusahaan tambang raksasa MMC Norilsk Nickel PJSC. Sang taipan telah merambah ke dunia keuangan, membeli 35% saham TCS Group Holding Plc, yang lebih dikenal sebagai Tinkoff Bank, salah satu perusahaan fintech terkemuka di Rusia. Ia juga membeli Rosbank PJSC dari Societe Generale SA melalui perusahaan induk Interros dan menjadi salah satu penawar untuk Yandex bersama Alekperov.

Bagi para miliarder energi seperti Alekperov, Leonid Mikhelson, dan Gennady Timchenko, pembayaran dividen yang besar didorong oleh lonjakan harga energi akibat invasi Rusia ke Ukraina. Novatek, produsen gas alam cair terbesar di Rusia, memberikan dividen tertinggi dalam sejarahnya kepada para pemegang saham, sementara Lukoil PJSC merekomendasikan untuk melakukan pembayaran terbesar kedua.

Produsen pupuk milik miliarder Andrey Guryev, Phosagro PJSC, juga meraih keuntungan terbesarnya tahun lalu karena logistik yang lebih ketat untuk produsen Rusia menyebabkan defisit di beberapa pasar, sehingga menaikkan harga.

Ilustrasi minyak Rusia. (Dok: Bloomberg)

Potanin dan Guryev dijatuhi sanksi oleh Inggris dan AS, sementara Timchenko dijatuhi sanksi oleh Uni Eropa, AS, dan Inggris. Alekperov dan Mikhelson telah menjadi sasaran Inggris.

Novatek tidak menanggapi permintaan komentar. Lukoil dan Phosagro menolak berkomentar. Juru bicara Interros Potanin menolak berkomentar mengenai jumlah dividen.

Yang pasti, karena perang di Ukraina berlanjut di tahun kedua, pemerintah Rusia berusaha untuk mendapatkan lebih banyak uang dari perusahaan-perusahaan besar yang dapat mempengaruhi pembayaran dividen di masa depan.

Manajemen Norilsk Nickel pada bulan April juga merekomendasikan untuk tidak membayar dividen final untuk tahun 2022, dengan alasan meningkatnya risiko geopolitik dan karena perjanjian pemegang saham dengan pemegang saham terbesar kedua, United Co Rusal International PJSC, yang mengharuskan pembayaran dividen dalam jumlah besar telah habis masa berlakunya.

(bbn)

No more pages