Logo Bloomberg Technoz

Taipan Rusia Cuan Miliaran Dolar, Tapi Bingung Investasi ke Mana

News
09 June 2023 13:20

Pelanggan menyerahkan 100 uang kertas rubel Rusia kepada penjual. (Andrey Rudakov/Bloomberg)
Pelanggan menyerahkan 100 uang kertas rubel Rusia kepada penjual. (Andrey Rudakov/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Sejumlah taipan papan atas Rusia meraup dividen miliaran dolar, menerima pembayaran dari perusahaan-perusahaan mereka bahkan di tengah sanksi atas perang di Ukraina. Masalahnya; hanya ada sedikit tempat untuk membelanjakannya.

Lima miliarder di industri minyak, nikel, dan pupuk adalah penerima dividen terbesar di Rusia, menerima sekitar US$10 miliar dari perusahaan-perusahaan mereka sejak awal 2022, menurut Bloomberg Bilionaires Index.

Mereka berbeda dengan banyak perusahaan Rusia yang menangguhkan atau membatalkan pembayaran dividen setelah sanksi yang berasal dari keputusan Presiden Vladimir Putin untuk menginvasi Ukraina.

Namun, para taipan ini masih merasakan dampak dari sanksi yang mereka terima saat mereka ingin menggunakan uang itu. Isolasi mereka dari dunia luar memacu investasi di perusahaan-perusahaan lokal yang sebelumnya tak pernah dipertimbangkan oleh para miliarder dan menunjukkan bagaimana para elite Rusia menyesuaikan diri dengan realitas pascaperang.

Miliarder Rusia yang terima dividen meski banyak perusahaan Rusia kena sanksi karena keputusan Vladimir Putin menyerang Ukraina (Bloomberg)