Logo Bloomberg Technoz

Bank Dunia Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Jadi 4,9%

Ruisa Khoiriyah
07 June 2023 09:48

Pedagang ayam melayani pembeli di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (23/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pedagang ayam melayani pembeli di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (23/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Dunia menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk tahun ini. Dalam publikasi terbaru World Bank Global Economic Prospect, lembaga internasional itu memproyeksikan Indonesia akan mencetak pertumbuhan ekonomi sebesar 4,9% tahun ini, lebih optimistis dibandingkan proyeksi terakhir pada Januari lalu sebesar 4,8%.

Kenaikan tipis proyeksi Bank Dunia untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak bisa dilepaskan dari sedikit optimisme-nya World Bank terhadap laju Produk Domestik Bruto (PDB) global dan kawasan Asia Pasifik tahun ini. Bank Dunia mengerek proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini dari 1,7% menjadi 2,1%. Sedangkan untuk kawasan Asia Pasifik, proyeksi Bank Dunia juga naik dari 4,3% ke 5,5%.

Indonesia mencatat kerja penanggulangan inflasi yang cukup baik di mana bank sentral juga telah berhenti menaikkan bunga. Bank Indonesia sejauh ini telah mempertahankan bunga acuan BI7DRR di level 5,75% sejak Februari lalu.

Inflasi di RI termoderasi, menurut Bank Dunia, banyak disokong oleh telah kembali landainya harga komoditas global. "Tapi harga komoditas yang menurun itu juga melemahkan kinerja perdagangan Indonesia sebagai eksportir komoditas," kata World Bank.

Untuk 2024, Bank Dunia memperkirakan Indonesia akan mencetak pertumbuhan 4,9%, tidak berubah dari proyeksi sebelumnya yang dirilis Januari lalu.