Logo Bloomberg Technoz

Bank Dunia Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Jadi 2,1%

Ruisa Khoiriyah
07 June 2023 09:28

Aktivis mengenakan topeng mirip Presiden Bank Dunia, Ajay Banga di kantor pusat Bank Dunia, Washington, AS, Jumat (2/5/2023) (Nathan Howard/Bloomberg)
Aktivis mengenakan topeng mirip Presiden Bank Dunia, Ajay Banga di kantor pusat Bank Dunia, Washington, AS, Jumat (2/5/2023) (Nathan Howard/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Dunia menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini sementara prakiraan untuk 2024 diturunkan. Kenaikan tajam bunga acuan di seluruh dunia telah memukul laju perekononomian global, terutama memicu kerentanan pada negara-negara dengan pendapatan rendah.

Dalam publikasi World Bank Global Economic Prospect yang dirilis 6 Juni, Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia akan bergerak di capaian 2,1%, melambat dari capaian 2022 sebesar 3,1%. Sedangkan pada 2024, perekonomian global berpeluang menaikkan capaian pertumbuhan di 2,4%.

Proyeksi terbaru Bank Dunia itu lebih optimistis, terutama untuk 2023. Dalam proyeksi sebelumnya yang dirilis Januari lalu, insitusi yang berkantor pusat di Washington DC (Amerika Serikat/AS) itu emperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia hanya 1,7%.

Akan tetapi, untuk perkiraan pertumbuhan ekonomi 2024, World Bank lebih pesimistis dengan memangkas proyeksi dari 2,7% menjadi 2,4%.

"Pertumbuhan ekonomi global diproyeksikan melambat secara signifikan pada semester dua tahun ini di mana perlambatan itu akan berlanjut hingga 2024. Ada kemungkinan perluasan tekanan di sektor perbankan dan pengetatan moneter akan membawa pertumbuhan global menjadi lebih lemah," demikian tulis World Bank dalam laporannya.

Negara berkembang mengkhawatirkan