Logo Bloomberg Technoz

Respons WIKA Saat Kementerian BUMN Sebut Manipulasi Lapkeu

Dityasa Hanin Forddanta
06 June 2023 14:40

Gedung perkantoran Wijaya Karya atau WIKA (dok perusahaan)
Gedung perkantoran Wijaya Karya atau WIKA (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian BUMN mencium adanya indikasi manipulasi laporan keuangan (Lapkeu) BUMN Karya. Bukan hanya PT Waskita Karya Tbk (WSKT), tapi juga laporan keuangan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) turut diinvestigasi.

Manajemen WIKA menanggapi normatif indikasi tersebut. "Kami menyerahkan sepenuhnya kewenangan tersebut kepada Kementerian BUMN selaku pemegang saham Seri A WIKA," ujar Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Wijaya kepada Bloomberg Technoz, Selasa (6/6/2023).

Mahendra menambahkan, WIKA selalu mengacu pada ketentuan perundangan yang berlaku dalam setiap penyusunan laporan keuangan. Pihaknya juga berupaya penuh untuk menyesuaikan penyusunan laporan keuangan sesuai dengan kaidah akuntansi yang berlaku di Indonesia.

Setiap laporan keuangan juga diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP), sebagai auditor independen. "Laporan tersebut juga kami publikasikan kepada publik karena WIKA adalah perusahaan terbuka.

Ada Keganjilan

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Kementerian BUMN tengah melakukan investigasi atas laporan keuangan WSKT dan WIKA. Investigasi dilakukan berangkat dari kinerja keuangan yang dinilai tidak sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Bahkan, kondisi ini sudah terjadi selama bertahun-tahun.