Logo Bloomberg Technoz

Hutama Karya dan WIKA Disuntik PMN Rp20 T

News
05 June 2023 13:17

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat berpidato (Twitter PSSI)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat berpidato (Twitter PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Jajaran BUMN Karya termasuk yang saat ini tengah menghadapi kemelut utang jatuh tempo, kemungkinan akan mendapatkan suntikan modal segar dari pemerintah. 

BUMN tersebut di antaranya adalah PT Hutama Karya (Persero), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), yang masing-masing akan diberikan injeksi modal segar berupa Penanaman Modal Negara (PMN) sebesar Rp12,5 triliun dan Rp8 triliun.

Melansir Bloomberg News, Menteri BUMN Erick Thohir di Gedung DPR-RI hari ini menyatakan, pemerintah berencana menyuntik permodalan BUMN konstruksi yakni Hutama Karya dan Wijaya Karya tahun ini.

  • Hutama Karya akan menerima Rp12,5 triliun yang akan digunakan untuk menolong PT Waskita Karya Tbk (WSKT) untuk menyelesaikan beberapa proyek pembangunan jalan tol.
  • Wijaya Karya akan menerima suntikan modal Rp8 triliun yang akan digunakan untuk memperbaiki struktur permodalan perseroan.

Sebelumnya, pemerintah memang sudah mengalokasikan suntikan modal sebesar Rp28,9 triliun untuk Hutama Karya tahun ini. Adapun alokasi modal segar untuk Wijaya Karya tidak ada.

Proyek yang Bikin WIKA "sakit"

Emiten BUMN Karya PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) mengungkapkan sejumlah proyek memicu neraca keuangannya menjadi terganggu. Kondisi ini yang membuat WIKA mengajukan program restrukturisasi utang.