Logo Bloomberg Technoz

Margin & Laba Bank BUMN Bisa Turun Imbas Utang WIKA & WSKT

Dityasa Hanin Forddanta
30 May 2023 12:15

Peresmian proyek infrastruktur pemerintah yang dikerjakan Wijaya Karya atau WIKA (dok Perusahaan)
Peresmian proyek infrastruktur pemerintah yang dikerjakan Wijaya Karya atau WIKA (dok Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kinerja Bank BUMN diprediksi turut terimbas kondisi keuangan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) hingga Laba bank diperkirakan menurun akibat upaya restrukturisasi yang tengah dilakukan.

Analis Indo Premier Sekuritas Jovent Muliadi mengatakan, tiga bank BUMN, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), memiliki paparan atau eksposur kredit untuk WSKT dan WIKA.

Total kredit BBRI kepada WIKA dan WSKT jika ditotal sekitar Rp99 triliun. Sedang BBNI dan BMRI masing-masing Rp12,6 triliun dan Rp17,8 triliun. Kredit ini termasuk non-cash loan, namun tidak termasuk pinjaman dengan jaminan pemerintah.

"Kami memperkirakan restrukturisasi akan terjadi, dan kemungkinan bank melakukan provisi (pencadangan) secara penuh untuk WIKA dan WSKT," ujar Jovent dalam riset, dikutip Selasa (30/5/2023). 

Utang Bank WSKT

Provisi tersebut akan membuat skor kredit WIKA dan WSKT tetap berada dalam kategori performa yang baik. Namun, langkah ini juga memberikan konsekuensi berupa bunga yang jauh lebih kecil.