Logo Bloomberg Technoz

WIKA Akui Ada Proyek yang Sebabkan Neraca Keuangan Jadi 'Sakit'

Dityasa Hanin Forddanta
30 May 2023 07:40

Peresmian proyek infrastruktur pemerintah yang dikerjakan Wijaya Karya atau WIKA (dok Perusahaan)
Peresmian proyek infrastruktur pemerintah yang dikerjakan Wijaya Karya atau WIKA (dok Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten BUMN Karya PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) mengungkapkan sejumlah proyek memicu neraca keuangannya menjadi terganggu. Kondisi ini yang membuat WIKA mengajukan program restrukturisasi utang.

Manajemen belum mengungkapkan secara gamblang proyek mana saja yang dimaksud. Namun, WIKA memiliki banyak proyek, yang bukan hanya sebagai kontraktor, tapi juga sebagai investor di dalamnya.

"WIKA memiliki beberapa proyek penyertaan modal, WIKA ikut di dalamnya," ujar Mahendra Wijaya, Corporate Secretary WIKA kepada Bloomberg Technoz belum lama ini.

Sebagian proyek sudah selesai dan tinggal menunggu divestasi, sesuai dengan model bisnis WIKA. "Sebagian ada juga yang masih tahap konstruksi dan belum rampung, sehingga masih dalam tahap penyelesaian," imbuh Mahendra.

Menilik laporan keuangan kuartal III-2023, WIKA mencatat aset investasi total senilai Rp14,31 triliun. Nilai ini berasal dari investasi entitas terafiliasi sebesar Rp2,13 triliun dan investasi pada ventura bersama Rp11,99 triliun.