Logo Bloomberg Technoz

Macron Dukung Ukraina Gabung NATO, Tapi Bukan Sekarang

News
02 June 2023 10:15

Emmanuel Macron (Sumber: Bloomberg)
Emmanuel Macron (Sumber: Bloomberg)

Ania Nussbaum - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Prancis Emmanuel Macron memdukung upaya Ukraina bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau North Atlantic Treaty Organization (NATO), namun ia menyebut keanggotan penuh saat ini tidak dimungkinkan.

Pada Rabu (31/5/2023), Macron menganjur adanya “jalan menuju keanggotaan” NATO bagi Ukraina, ini menjadi sebuah pernyataan yang mengejutkan banyak pihak karena memberikan tawaran aksesi ke negara itu secara langsung. Namun sehari kemudian Macron memperjelas pernyataannya.

Berbicara di KTT Komunitas Politik Eropa di Moldova, Kamis (1/6/2023), ia mengatakan Eropa perlu memberikan jaminan keamanan segera pada Ukraina, tetapi bukan lewat keanggotaan penuh di NATO, karena saat ini status tersebut belum bisa diperoleh.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron (kiri) dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy (kanan). (Nathan Laine/Bloomberg)

"Kami memiliki keinginan untuk membangun jaminan keamanan yang jelas dan lebih kuat dari apa yang kami lakukan saat ini," kata Macron kepada para wartawan usai KTT Komunitas Politik Eropa di Moldova, yang dihadiri oleh hampir 50 pemimpin, termasuk Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy.