Logo Bloomberg Technoz

Prancis & Jerman Tak Sependapat soal Ukraina Gabung NATO

News
01 June 2023 19:30

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Sumber: Bloomberg)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Sumber: Bloomberg)

Natalia Drozdiak - Bloomberg News

Bloomberg - Prancis mendorong aksi konkret bagi Ukraina untuk bergabung dengan aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO). Namun, Jerman mendesak untuk lebih berhati-hati dalam membahas keanggotaan sehubungan dengan perang yang sedang berlangsung di Rusia.

Keinginan Prancis 'adalah saat kita bisa merancang jalur dengan tahapan dan perkembangan, sehingga Ukraina bisa, saat tiba waktunya, bergabung dengan kita dalam kondisi keamanan yang baik,' kata Menteri Luar Negeri Catherine Colonna dalam wawancara di sela-sela pertemuan dengan anggota NATO di Oslo. "Apakah akan ada tanggal atau waktu pasti, saya tidak yakin karena masih banyak hal yang harus dibicarakan."

Walaupun bergabungnya Ukraina dengan NATO 'bukan untuk saat ini', kata Colonna, 'kita perlu melakukan lebih dari apa yang kita lakukan pada 2008.' Merujuk pada kesepakatan tahun itu oleh sekutu, yang mengatakan  bahwa Ukraina pada akhirnya akan bergabung.

Sebaliknya, Annalena Baerbock wakil Jerman mengatakan kepada wartawan, 'jelas kita tidak bisa membicarakan soal keanggotaan baru di tengah peperangan.'