Logo Bloomberg Technoz

Rudal Rusia Hantam Ukraina Usai Diskusi NATO soal Keanggotaan

News
01 June 2023 16:40

Bangunan hancur di Kyiv karena serangan rudal Rusia pada 1 Juni 2023 (Sumber: Bloomberg News)
Bangunan hancur di Kyiv karena serangan rudal Rusia pada 1 Juni 2023 (Sumber: Bloomberg News)

Bloomberg News

Bloomberg - Ibukota Ukraina dihantam rentetan rudal semalam, yang merupakan serangan ke-19 oleh Rusia dalam sebulan terakhir. Walaupun rudal berhasil dicegat, Walikota Kyiv Vitali Klitschko mengatakan setidaknya tiga orang tewas, termasuk dua orang anak-anak, akibat serpihan-serpihan rudal.

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) akan membahas permintaan Ukraina untuk bergabung dengan aliansi militer tersebut dalam pertemuan yang akan digelar selama dua hari di Oslo (Norwegia).

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan Vladimir Putin telah menghidupkan kembali aliansi NATO 'dengan kejutan listrik terburuk', bertentangan dengan komentar kontroversial yang pernah dia buat sebelumnya yang menyatakan bahwa NATO kurang kecerdasan (brain dead).

Peta negara anggota NATO (Sumber: Bloomberg)

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) dan Eropa, yang merupakan negara sekutu Ukraina tengah terbelah soal apakah negara itu perlu memiliki hak untuk menyerang ke Rusia di tengah kekhawatiran bahwa potensi eskalasi dapat menyeret mereka ke dalam perang itu.