Logo Bloomberg Technoz

Kisah Unik Batu Bara di Eropa: Dulu Diimpor, Kini Diekspor

News
01 June 2023 16:20

Truk pengangkut batu bara (Dok Freepik)
Truk pengangkut batu bara (Dok Freepik)

Todd Gillespie – Bloomberg News 

Bloomberg, Para trader kini sedang mencari pembeli batu bara yang tidak terpakai sebelum menjadi tidak berharga usai bahan bakar ini ditimbun guna menyelamatkan ekonomi Eropa dari kehabisan tenaga tahun lalu.

Karena kekhawatiran akan kekurangan energi mereda setelah musim dingin, batu bara impor mulai dimuat ulang di pelabuhan Eropa untuk pasar seperti Maroko, Senegal, dan Guatemala sebagai pengiriman bahan bakar fosil yang biasa secara kebalikan.

Secara keseluruhan, 1,12 juta ton telah dikirim keluar Eropa dari Spanyol, Belanda, dan pelabuhan lain tahun ini, termasuk kargo lebih dari 145.000 ton ke India pada bulan April. Pengiriman yang lebih kecil telah dikirim pada rute yang tidak mungkin terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Ekspor Batu Bara Eropa (Bloomberg)

“Beberapa batu bara ini tersimpan di sana selama lebih dari setahun, dan penyimpanannya sangat mahal,” kata Guillaume Perret, analis pasar batu bara di Perret Associates. Setelah dibiarkan terbuka selama berbulan-bulan di penyimpanan luar ruangan, batu bara mulai menghilang fungsinya dan akhirnya menjadi tidak dapat digunakan.