Logo Bloomberg Technoz

Ukraina Serang Rusia, Negara-negara Sekutu Terbelah

News
31 May 2023 20:25

Tentara Ukraina (Sumber: Bloomberg)
Tentara Ukraina (Sumber: Bloomberg)

Natalia Drozdiak, Ania Nussbaum, dan Ott Ummelas - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) dan Eropa, yang merupakan negara sekutu Ukraina tengah terbelah soal apakah negara itu perlu memiliki hak untuk menyerang ke dalam Rusia di tengah kekhawatiran bahwa potensi eskalasi dapat menyeret mereka ke dalam perang itu.

Negara-negara yang mendukung Ukraina memiliki sikap yang beragam tentang bagaimana negara itu harus mengalahkan invasi Moskow menyusul beberapa hari ini wilayah Rusia semakin menjadi sasaran. AS secara terbuka mengatakan tidak mendukung strategi serangan Ukraina ke tanah Rusia.

Sementara Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengatakan kepada wartawan di Estonia minggu ini bahwa Ukraina “memiliki hak untuk mengerahkan pasukan di luar perbatasannya untuk merusak kemampuan Rusia untuk memproyeksikan kekuatan ke Ukraina sendiri."

Cleverly, yang mengatakan dia tidak mengomentari serangan drone Selasa (30/05/2023) ke Moskow, menambahkan bahwa target militer yang sah di luar perbatasan Ukraina sendiri adalah bagian dari pertahanan diri negara itu.