Logo Bloomberg Technoz

Rusia Serang Pangkalan Udara Ukraina, Luncurkan Rudal Balistik

News
30 May 2023 09:40

Kehancuran akibat serangan militer Rusia ke Ukraina (Sumber: Bloomberg)
Kehancuran akibat serangan militer Rusia ke Ukraina (Sumber: Bloomberg)

Kateryna Choursina dan Olesia Safronova - Bloomberg News

Bloomberg, Rusia menghantam pangkalan udara di Ukraina barat dan merusak lima pesawat dan landasan pacu. Pasukan Presiden Vladimir Putin itu juga meluncurkan rudal balstik ke ibu kota negara tersebut dengan serangan roket dan drone yang terbesar dalam beberapa hari ini.

Kantor gubernur setempat mengumumkan via Telegram bahwa serangan itu terjadi di pangkalan udara yang berbasis di wilayah Khmelnytskyi, di mana tempat pembuangan bahan bakar dan penyimpanan barang-barang militer dihantam bersamaan dengan pesawat dan landasan pacunya. Tim petugas penyelamat pun bergegas memadamkan api.

Pasukan pertahanan udara di Kyiv menembak jatuh 11 rudal balistik Iskander Rusia pada Senin (20/05/2023) pagi, kata juru bicara Yuriy Ihnat di televisi, yang menandakan peningkatan kemampuan Ukraina untuk menangkis serangan udara. Itu adalah serangan ke-16 di ibu kota sejak 1 Mei.

Rusia telah menggenjot serangan udara terhadap fasilitas dan infrastruktur militer di seluruh negeri bulan ini, di saat Ukraina mempersiapkan serangan balasan untuk mencoba merebut kembali wilayah yang diduduki oleh pasukan Rusia.