Logo Bloomberg Technoz

Ini Respons Freeport Soal Syarat 20% Saham demi Perpanjangan IUPK

Rezha Hadyan
31 May 2023 12:50

Seorang pekerja berjalan melewati tanda PT Freeport Indonesia di kompleks pertambangan tembaga dan emas Grasberg. (Dadang Tri/Bloomberg)
Seorang pekerja berjalan melewati tanda PT Freeport Indonesia di kompleks pertambangan tembaga dan emas Grasberg. (Dadang Tri/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah dikabarkan akan menambah porsi kepemilikan sahamnya di PT Freeport Indonesia (PTFI) sebanyak 20%. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tertutup dengan pemimpin redaksi sejumlah media nasional awal pekan ini.

Jokowi menyebut Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. akan melepas 20% saham PTFI yang dipegangnya secara cuma-cuma kepada pemerintah. Sebagai kompensasinya, Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) diperpanjang hingga 2061.

Dengan demikian, porsi kepemilikan saham pemerintah di PTFI akan bertambah menjadi 71,2%. Saat ini, kepemilikan saham mayoritas PTFI saat ini dipegang oleh pemerintah Indonesia sebesar 51,2% dan sisanya dimiliki oleh Freeport McMoran Cooper & Gold.

Merespons apa yang disampaikan oleh Jokowi, Vice President Corporate Communication PTFI Katri Krisnati menyatakan perusahaan belum bisa memberikan pernyataan resmi terkait dengan pelepasan kepemilikan saham Freeport McMoran Cooper & Gold ke pemerintah.

Dia menegaskan, hingga saat ini PTFI belum menerima konfirmasi langsung dari pemerintah.