Logo Bloomberg Technoz

Amman Mineral IPO Rp12 T, Menjadi yang Terbesar di Tahun Ini

Dityasa Hanin Forddanta
31 May 2023 07:36

Truk pengangkut mineral pertambangan emas dan tembaga milik Amman Mineral. (Dok Amman.co.id)
Truk pengangkut mineral pertambangan emas dan tembaga milik Amman Mineral. (Dok Amman.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan tambang PT Amman Mineral Internasional resmi memulai perhelatan initial public offering (IPO). Berdasarkan prospektus, Rabu (31/5/2023), entitas usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) ini akan melepas sebanyak-banyaknya 7,29 miliar saham atau setara 10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO.

Perusahaan menawarkan harga berkisar Rp1.650/saham hingga Rp1.775/saham. Sehingga, Amman berpotensi meraup dana segar Rp12,02 triliun hingga Rp12,93 triliun.

Amman akan menggunakan dana hasil IPO sebesar Rp1,79 triliun untuk setoran modal kepada PT Amman Mineral Industri. Amman Mineral Industri kemudian akan menggunakan setoran modal ini untuk pengeluaran modal proyek smelter di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Kemudian, sebesar Rp3,05 triliun akan digunakan untuk melunasi utang kepada PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT). 

Sisa dana IPO akan digunakan untuk setoran modal kepada AMNT melalui pengambilalihan saham baru yang akan diterbitkan oleh AMNT. Setelah adanya setoran modal ini, AMNT akan menggunakan dananya untuk ekspansi pabrik konsentrator dan pembangunan pembangkit listrik tenaga gas dan uap di Sumbawa Barat.