Logo Bloomberg Technoz

Tren Sepekan: Dari Serangan Hacker BFI hingga Rencana IPO Amman

27 May 2023 07:00
Ilustrasi peretas (hacker). (seventyfourimages via envato)
Ilustrasi peretas (hacker). (seventyfourimages via envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pekan ini, serangan peretas di lembaga keuangan Indonesia kembali membetot perhatian publik. Setelah Bank Syariah Indonesia, giliran BFI Finance yang menjadi sasaran serangan siber.

Emiten pembiayaan milik Jerry Ng dan Garibaldi 'Boy' Thohir, PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) mengalami serangan siber. Serangan ini pun diakui oleh perusahaan.

Serangan siber itu terjadi pada pekan lalu, tepatnya Minggu (21/5/2023). Sehari setelahnya, Senin (22/5/2023), harga saham BFIN sempat anjlok 5,02% ke level Rp1.230/saham, yang merupakan level terendah hari itu, meski pada penutupan kembali ke level Rp1.240/saham.

Peretasan yang terjadi di BFI menjadi salah satu perbincangan hangat pekan ini. Selain itu, sejumlah isu aktual di sektor keuangan dan industri turut menjadi sorotan, mulai dari sinyal perlambatan ekonomi Indonesia yang kian nyata, rencana IPO Amman Mineral, hingga heboh laga sepak bola Indonesia melawan Argentina.

Berikut highlight berita sepekan Bloomberg Technoz, Sabtu (27/5/2023): 

BFI Finance> (Dok. BFI)

Kronologi BFI Finance Mengalami Serangan Siber

PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) mengalami serangan siber yakni peretasan oleh hacker. Lantas, kapan tepatnya terjadi dan bagaimana kronologi terjadinya serangan siber tersebut?

Serangan siber disebutkan terjadi pada Minggu (21/5/2023), tetapi pihak BFIN belum mengumumkan soal serangan tersebut. Setelah mengalami serangan, BFIN melakukan temporary switch off pada sejumlah sistem utamanya.

Hal ini kemudian disebut menyebabkan terjadinya gangguan layanan yang dialami konsumen sejak Senin (22/5/2023). Pada Senin, akun Instagram resmi BFI Finance kemudian mengunggah bahwa sedang ada pemeliharaan sistem.

Estimasi Konsensus Bloomberg Pendapatan dan Laba/Rugi GOTO (Bloomberg)

Bukan Rights Issue, GOTO Akan Gelar Private Placement

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) akan melakukan Penambahan Modal Perusahaan Terbuka Tanpa memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) alias private placement.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), perusahaan teknologi terbesar di Indonesia ini akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 118,44 miliar saham baru atau setara dengan 10% dari jumlah seluruh modal ditempatkan dan disetorkan. Aksi korporasi ini akan meminta persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 30 Juni 2023.

Meski demikian, aksi korporasi untuk penggalangangan dana ini masih bersifat opsional bagi GOTO dan belum ada jadwal yang pasti.

"Pelaksanaan PMTHMETD akan dilakukan jika Perseroan memandang bahwa PMTHMETD diperlukan dan merupakan opsi pendanaan yang terbaik bagi Perseroan," ujar GOTO dalam keterbukaan informasi.

Kesiapan operator dalam penambangan Amman Mineral. (Dok Amman.co.id)

Amman Mineral Dikabarkan IPO Juni, Nilai Emisi Rp 11 T

PT Amman Mineral Internasional, perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Tanah Air, akan mencatatkan saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Juni. Informasi ini diketahui dari sumber yang mengetahui proses IPO tersebut. 

Nilai emisi IPO Amman Mineral ditaksir mencapai US$700 juta—US$800 juta atau Rp10,46 triliun—Rp11,95 triliun. Dua perusahaan efek bertindak sebagai penjamin emisi saham, yaitu PT Mandiri Sekuritas dan PT UBS Sekuritas. 

Sumber tersebut juga menyebutkan, Glencore (perusahaan perdagangan komoditas terbesar dunia) dan investor institusi menjadi pembeli terbanyak. Publik diperkirakan hanya akan mendapatkan alokasi sebanyak US$100 juta atau sekitar Rp1,5 triliun. 

Poster laga Indonesia vs Argentina (Twitter PSSI)

Laga Argentina vs Indonesia, Benarkah Berbiaya Rp120 M?

Laga FIFA Matchday antara timnas Indonesia versus Argentina resmi diumumkan PSSI. Bakal datangnya juara dunia ke Indonesia 19 Juni 2023 dinantikan publik sepak bola. Namun, mendatangkan timnas mentereng dunia ke Gelora Bung Karno memang bukan perkara mudah. Pula jelas tak murah. Ditaksir menelan biaya hingga Rp120 miliar. 

Biaya mengundang dan mendatangkan tim negara Lionel Messi itu sebenarnya tak gamblang direspons oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Erick mengatakan bahwa fokus PSSI adalah menggenjot mental dan kualitas timnas Indonesia agar makin percaya diri melawan tim-tim dunia.

Erick tak mau menyebut angka, padahal dalam konferensi pers yang diadakan di kawasan Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta itu berkali-kali awak media bertanya soal hal ini.

Tingkat kupon Sukuk Tabungan dari tahun ke tahun (Bloomberg Technoz)

Lampaui Target, Sukuk Tabungan ST010 Sudah Laku Rp10,8 Triliun

Animo para investor ritel di Tanah Air membeludak menyerbu penawaran investasi di Sukuk Tabungan ST010 yang diterbitkan pemerintah.

Target penerbitan sebesar Rp10 triliun yang dipatok di awal sudah tercapai. Akan tetapi, pemerintah memutuskan tidak menambah lagi kuota untuk ST010-T4 yang bertenor 4 tahun. Sebaliknya, untuk kuota ST010-T2 masih akan dinaikkan Rp8 miliar per jam yang dibagi ke 32 mitra distribusi hingga 31 Mei.

Sampai dengan Rabu pekan ini, nilai penawaran masuk dari investor ritel ke sukuk tabungan sudah melampaui target, dengan perincian ST010-T2 mencapai Rp7,5 triliun sedangkan ST010-T4 mencatat nilai investasi hingga Rp3,3 triliun. Total minat investor mencapai Rp10,8 triliun.

JK Sebut Beban Bunga Utang Rp1.000 Triliun, Ternyata Lebih Besar

Pernyataan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) terkait beban pembayaran utang jumbo pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebesar Rp1.000 triliun per tahun memantik kontroversi yang panas di media sosial. Seberapa valid pernyataan tersebut bila mengacu pada data dan fakta?

JK yang pernah menjabat sebagai Wapres di periode pertama kekuasaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2009) dan periode pertama era Presiden Jokowi (2014—2019), melontarkan pernyataan dalam acara Milad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ke-21 di Istora Senayan, akhir pekan lalu.

“Setahun bayar utang lebih dari Rp1.000 triliun, terbesar dalam sejarah Indonesia sejak merdeka,” kata JK.

Sinyal Perlambatan Ekonomi RI Makin Terang, Optimisme BI Kendur

Berbagai sinyal perlambatan ekonomi telah mengendurkan optimisme Bank Indonesia (BI) terhadap kinerja ekonomi Indonesia tahun ini.

Bank sentral memperkirakan, perekonomian Indonesia tahun ini akan mencatat pertumbuhan di kisaran 4,5%—5,3%, akan tetapi BI tidak lagi menyebut ada “bias ke atas” seperti dalam paparan sebelumnya, menyusul masih lemahnya beberapa sektor penyumbang produk domestik bruto (PDB).

Secara gamblang, BI menggarisbawahi tengah memantau secara detil perkembangan laju pertumbuhan investasi domestik. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal 1 lalu, laju investasi (PMTB) mencatat penurunan hingga 3,72% meski masih mampu tumbuh 2,11% secara year on year.

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk (BIRD) Sigit Djokosoetono. (Sumber: Instagram @sigitdjokosoetono)

Bos Blue Bird Menyamar Jadi Sopir, Mengaku Kehilangan 2 Pesanan

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk (BIRD) Sigit Priawan Djokosoetono tengah viral. Bos Blue Bird ini menyamar jadi sopir Taksi Blue Bird selama satu hari penuh.

Momen itu ia bagikan dalam Instagram story miliknya, @sigitdjokosoetono. Penyamaran itu dia lakukan secara total. Bukan hanya menggunakan seragam Blue Bird, Sigit juga ikut 'mangkal' mencari penumpang di pusat perbelanjaan mulai dari Kota Kasablanka hingga Pacific place.

"Haus juga, nih, siang-siang adem hari ini padahal... Udah enam tamu naik, kelewat dua orderan, bukan rejeki," tulis Sigit dalam story-nya.

China Blokir Micron AS, Bukan Kejahatan Dibalas Kejahatan

Langkah China untuk melarang produk Micron Technology Inc. menjadi bentuk pembalasan terhadap kontrol ekspor AS. Sekarang pertanyaannya, apakah Presiden Xi Jinping akan melakukan pemblokiran perusahaan teknologi AS lainnya dan mengorbankan ekonominya.

Hingga pekan ini, Beijing masih belum menanggapi langkah AS untuk menutup akses China ke cip canggih dan teknologi lainnya, yang menurut Presiden Joe Biden digunakan untuk modernisasi militer. China telah berulang kali mengecam tindakan tersebut sambil melakukan tindakan balasan terhadap perusahaan Amerika.

Keputusan Micron datang tak lama setelah para pemimpin G-7 menerbitkan komunike yang sepakat untuk melawan 'pemaksaan ekonomi' Beijing. Menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, aksi ini dapat menyebabkan kerusakan material pada Micron yang mendapatkan 11% pendapatannya dari China.

Micron (Qilai Shen/Bloomberg)

MK Putuskan Pengadilan Pajak Pindah dari Kemenkeu ke MA

Mahkamah Konstitusi (MK) menggeser kewenangan pembinaan dan organisasi Pengadilan Pajak dari Kementerian Keuangan ke Mahkamah Agung (MA). 

Majelis hakim Konstitusi menilai, sejak 2004, memang hanya ada 4 lingkungan peradilan yang diakui di Indonesia; yaitu Pengadilan Umum, Pengadilan Agama, Pengadilan Militer, dan Pengadilan Tata Usaha Negara (TUN). Keempat lingkungan peradilan tersebut berada di bawah Mahkamah Agung.

Pengadilan khusus lainnya dibentuk dan melekat pada salah satu lingkungan peradilan tersebut. Sehingga, Pengadilan Pajak sebagai peradilan khusus, sebenarnya masuk dalam lingkungan Pengadilan TUN yang juga berada dalam pembinaan di bawah MA. 

(wdh)