Logo Bloomberg Technoz

Perjanjian PBB soal Polusi Plastik Juga Membidik Produsen

News
30 May 2023 21:20

Ilustrasi sampah plastik. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi sampah plastik. (Sumber: Bloomberg)

Leslie Kaufman - Bloomberg News

Bloomberg - Partikel ban versus jaring ikan yang dibuang. Kedua barang tersebut biasanya tidak dipasangkan bersama, apalagi dilihat sebagai persaingan. Namun sejumlah negara dan aktivis saling berdebat tentang bagaimana atau apakah keduanya harus dibicarakan dalam perjanjian plastik global PBB yang sedang dinegosiasikan di Paris pekan ini.

Titik ketegangan utama berada pada apakah kesepakatan tersebut harus fokus pada pembersihan limbah plastik yang telah menyumbat lautan dunia, atau bergerak lebih jauh untuk membatasi pembuatan atau komponen yang berpotensi berbahaya dalam produk polimer. Bahkan, jika perlu menegakkan larangan penggunaan plastik. Amerika Serikat (AS) salah satu produsen dan pengguna plastik terbesar, sejauh ini mendukung opsi pertama, kata sumber yang mengikuti negosiasi.

Negosiator diharapkan menyelesaikan draf pada akhir putaran pembicaraan ini setelah menyetujui untuk mengembangkan kesepakatan yang mengikat secara hukum tentang polusi plastik di 2024, pada Desember lalu.