Logo Bloomberg Technoz

Taiwan Bersiap Ancaman Pemutusan Komunikasi oleh China

News
30 May 2023 18:50

Bendera Taiwan (Sumber: Bloomberg)
Bendera Taiwan (Sumber: Bloomberg)

Jamie Tarabay dan Cindy Wang - Bloomberg News

Bloomberg - Diterpa gempa bumi dan potensi konflik dengan China, para pemimpin Taiwan ingin mempercepat rencana untuk membuat pulau itu lebih tahan terhadap gangguan komunikasi dan serangan langsung terhadap infrastuktur digital. Namun, ini bisa menjadi tugas yang mustahil.

Audrey Tang, sebagai kepala Kementerian Urusan Digital Taiwan, mengatakan ia ingin ekonomi pulau senilai US$740 miliar itu mampu menangani kemungkinan runtuhnya semua komunikasi jika terjadi keadaan darurat pada akhir tahun depan.

Kepulauan Matsu di Taiwan mendapati diri mereka terkatung-katung secara digital setelah dua kabel internet bawah laut diputus oleh kapal yang mengibarkan bendera China pada Februari 2023. Sebelumnya, gempa bumi tahun 2006 memutus delapan kabel bawah laut di sekitar Taiwan, yang pada akhirnya membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk diperbaiki. Hal ini mengganggu internet, perbankan, dan perdagangan lintas batas di sebagian besar wilayah Asia. Kedua peristiwa tersebut merupakan pengingat keras akan apa yang bisa terjadi dalam konflik atau bencana alam.

"Pelajaran utama yang kita bisa pelajari adalah psikologis," kata Tang dalam wawancara pada 17 Mei 2023. "Bagaimana mengelola harapan pada bandwidth yang dikurangi, bagaimana memprioritaskan penggunaan bandwidth, penggunaan mana yang baik-baik saja untuk memiliki latensi yang sedikit lebih tinggi, dan lainnya."

Pulau Matsu di Taiwan (Sumber: Bloomberg)