Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Luncurkan Logo Ibu Kota Nusantara, Ini Gambar dan Maknanya

Ezra Sihite
30 May 2023 18:03

Logo Nusantara (YouTube Sekretariat Presiden)
Logo Nusantara (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peluncuran logo Ibu Kota Nusantara (IKN) dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/5/2023). Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam peluncuran beserta para menteri dan tamu undangan negara-negara sahabat.

Nantinya logo ini akan menjadi identitas visual bagi IKN

Jokowi

Tahapan peluncuran logo ini awalnya dilakukan dengan cara sayembara. Hal tersebut kata pemerintah sebagai bagian dari partisipasi publik. Proses dimulai sejak September 2022 sejak pengumuman terbuka oleh Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI). Lebih dari 500 desainer ikut serta dalam sayembara ini kemudian 10 orang dipilih.

"Dari 10 logo karya desainer bapak presiden berkenan memilih 5 logo terbaik dan memberikan arahan agar diadakan voting secara terbuka yang dapat dilakukan masyarakat dilakukan voting secara terbuka," kata Ketua Otorita IKN Bambang Susantono di Jakarta sebagaimana disiarkan kanal Sekretariat Presiden. 

Voting terbuka dilakukan 4 April-20 Mei 2023. Proses voting diikuti lebih dari 500 ribu orang. Diketahui votes berasal 60% dari Jawa dan sisanya dari luar Jawa termasuk 16.000 votes dari Kalimantan Timur.

Lima logo teratas yaitu pertama, Agra Satria yang mengajukan desain yang terinspirasi pohon sebagai lambang kehidupan yang menghubungkan manusia dengan alam dan sesama manusia. Kedua, desain karya Aulia Akbar dengan insipirasi pohon hayat sebagai sumber kehidupan yang mana 5 akar melambangkan Pancasila, 7 batang menyimbolkan pulau besar dan 17 kembang mekar menjadi simbol tanggal kemerdekaan.