Logo Bloomberg Technoz

Desain ketiga adalah karya Dimas Fakhrudin. Desain logo ini terinspirasi dari bentuk sirkular yang menunjukkan keberlanjutan masyarakat di dalamnya ada angka 5 melambangkan Pancasila dan medali dengan makna Nusantara jadi figur kota dunia.

Desain keempat yaitu karya Ismiaji Cahyono mendesain logo yang terinspirasi dari perkampungan yang terdiri dari rumah dengan pintu sebagai pintu masuk dimensi baru. Juga ada atap sebagai perlindungan. Kampung digambarkan terhubung sebagai simbol Indonesia kuat.

Desain kelima karya Wildan Ilham. Logo didesain dengan inspirasi zamrud khatulistiwa. Desain menggambarkan adanya perbedaan namun saling berdampingan dan menyerukan ajakan bersatu serta tumbuh dalam kebersamaan.

Terpilih satu logo yang tertinggi yaitu dengan 133.069 atau 26,6% votes yaitu desain pohon hayat karya Aulia Akbar.

"Logo yang terpilih bertema pohon hayat yang didesain oleh mas Aulia Akbar," kata Presiden Jokowi dalam kesempatan itu.

Jokowi mengatakan, pohon hayat adalah pohon kehidupan maka demikianlah IKN diharapkan menjadi tempat kehidupan.

"Logo ini punya semangat sejalan dengan pembangunan IKN sebagai negara besar, bangsa besar dan bangsa majemuk menggugah orang menjaga alam dan ekosistemnya," lanjut dia.

Prsiden Jokowi di peluncuran Logo Nusantara (YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden mengingatkan bahwa walaupun lima desain itu ditunjukkan kepadanya namun pada akhirnya yang memilih adalah publik bukan dirinya. Pemilihan dilakukan melalui voting. "Nantinya ini akan menjadi identitas visual bagi IKN," katanya.

(ezr)

No more pages