Logo Bloomberg Technoz

Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun Terakhir Pemerintahan Jokowi

Krizia Putri Kinanti
30 May 2023 10:37

Paparan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-25, Selasa (30/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Paparan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-25, Selasa (30/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5,3% hingga 5,7% tahun depan. Proyeksi ini lebih tinggi dari perkiraan pertumbuhan ekonomi 2023 yang mencapai 5,0%-5,3%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan ada beberapa faktor yang mendorong perekonomian Indonesia tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini. 

"Kinerja ekspor diharapkan kembali menguat di tengah prospek ekonomi dunia yg diperkirakan sedikit lebih baik dari tahun ini. Produk-produk hilirisasi lanjutan yang terus diperkuat Indonesia juga akan menopang daya saing produk ekspor Indonesia," kata Sri Mulyani saat menyampaikan Tanggapan Pemerintah terhadap Pandangan Fraksi atas Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok- Pokok Kebijakan Fiskal (KEM dan PPKF) RAPBN Tahun Anggaran 2024 di DPR, Selasa (30/5/2023).

Proyeksi Asumsi Dasar Ekonomi Makro Jangka Menengah (Kemenkeu)

Dari sisi domestik, Sri Mulyani menilai aktivitas konsumsi dari sisi agregat demand juga diperkirakan mulai menguat pada 2024. Penyelenggaraan Pemilu 2024 dan Pilkada serentak diperkirakan akan turut mendorong aktivitas perekonomian, dan investasi.

"Diharapkan meningkat khususnya terkait sektor-sektor berbasis mineral dan produk-produk pertanian serta pembanguan," katanya.