Logo Bloomberg Technoz

Pakaian yang tidak berakhir di tempat pembuangan sampah lokal sering dikirim dalam jumlah besar ke negara-negara di bagian selatan. Menurut Or Foundation yang mengadvokasi reformasi limbah mode, di Ghana, sebanyak 15 juta pakaian bekas tiba setiap minggu.

Regulasi EPR bertujuan menjadikan merek fesyen sebagai bagian dari solusi. “Ini memaksa bisnis untuk mempertimbangkan aksi mereka dan membuat mereka berpikir dari atas ke bawah dan bertanya pada diri sendiri, 'Berapa banyak yang perlu kita produksi dan bagaimana kita memastikan bahwa kita tidak harus membayarnya di kemudian hari?” kata Betina Baumgarten, seorang pengacara dan konsultan hukum fashion di Fashion CUTS dikutip dari Bloomberg News, Minggu (28/5/2023).

Pendukung program EPR untuk tekstil berharap mereka akan mengetatkan kelebihan produksi, mengarah pada inovasi daur ulang dan mendorong perusahaan membuat produk berkualitas lebih tinggi.

Kemungkinan juga biaya EPR akan dibebankan kepada konsumen, yang haus akan pakaian murah hingga memperburuk konsumsi berlebihan. Namun, menurut Nusa Urbancic, direktur kampanye di Changing Markets Foundation, kenaikan harga “harus cukup signifikan” untuk membatasi belanja .

Pada sebagian besar tempat masih mendiskusikan program EPR tekstil, dengan biaya yang masih diperdebatkan. Namun Prancis telah memiliki program ini sejak 2007, yang mendasarkan kewajiban keuangan setiap perusahaan pada jumlah produksi barang pada tahun sebelumnya.

Produk dikelompokkan ke dalam 107 kategori, mulai dari pakaian hingga alas kaki hingga linen rumah tangga dan selanjutnya, disegmentasi berdasarkan berat. Pada tahun 2021, terdapat lebih dari 6.000 brand, dan membayar biaya kolektif sebesar €51 juta (US$55 juta) untuk 2,8 miliar item. Dengan rata-rata sekitar €8.500 (US$9.242) per perusahaan, atau €0,16 (US$0,17) per garmen.

The Or Foundation mengatakan biaya yang dikenakan harus mulai dari $0,50 per garmen dan naik menjadi setidaknya $2,50, berdasarkan biaya item untuk penggunaan kembali dan daur ulang, dan dampak dari penguraiannya.

Biaya yang murah, seperti yang dikenakan di Prancis, "terlalu rendah untuk berdampak pada tingkat mana pun," kata Liz Ricketts, co-founder dan direktur Or Foundation. Pemerintah Prancis mengakui bahwa biayanya terlalu rendah; pada bulan November, memerintahkan kelompok yang melaksanakan program EPR untuk mengajukan kriteria penetapan harga baru.

Di California dan Connecticut, keberhasilan program EPR untuk kasur menunjukkan bahwa skema ini dapat mengalihkan sejumlah besar limbah. Di Connecticut, biaya EPR perusahaan sebesar US$11,75 per kasur, diperkirakan 76% kasur yang dibuang untuk didaur ulang. Di California, perusahaan dikenai beban US$10,50 per kasur, dengan 1,6 juta kasur didaur ulang pada tahun 2021, menghasilkan pemulihan 90 juta pon bahan.

Perusahaan fesyen sudah mulai memobilisasi program penjualan kembali mereka sendiri, atau menjual barang bekas melalui platform seperti ThredUp Inc. Banyak kebijakan EPR juga mengharuskan perusahaan mengumpulkan pakaian bekas, termasuk skema yang akan berlaku di Belanda pada bulan Juli.

Limbah pakaian jeans di penampungan pakaian pekas di Accra, Ghana. (dok Andrew Caballero-Reynolds/Bloomberg)

Pembuat pakaian seperti Levi Strauss & Co. (Levi’s), Madewell Inc., Zara (dimiliki oleh Inditex SA) dan Hennes & Mauritz AB, telah menjalankan program pengembalian sukarela selama bertahun-tahun, tetapi tidak dalam skala yang cukup besar untuk membatasi limbah secara keseluruhan.

“[Ini] sebagian besar adalah upaya terisolasi untuk menangkap nilai ekonomi dari pakaian berkualitas tinggi, membiarkan produk dan bahan tekstil lainnya sama sekali tidak tertangani. Kami membutuhkan sistem dan infrastruktur kolektif untuk menangkap nilai tekstil bekas” kata Yayasan Ellen MacArthur dalam makalah tahun 2022. 

Daur ulang tekstil memiliki daya tarik, tetapi pakaian modern yang terbuat dari ribuan campuran bahan yang mencakup poliester, elastis, katun, linen, dan sutra, terkenal sulit untuk didaur ulang.

Penyortiran dan pemrosesan pakaian bekas mahal dan padat karya. Teknologi yang dibutuhkan untuk mendaur ulang pakaian yang terbuat dari serat campuran, juga masih dalam tahap awal. Itu berarti banyak pakaian yang diubah untuk "daur ulang" sebenarnya dibongkar menjadi menjadi kain.

Joanne Brasch, manajer proyek khusus di California Product Stewardship Council, yang membantu menyusun tagihan EPR tekstil, yang sekarang sedang dipertimbangkan di beberapa negara bagian, mengatakan bahwa  beberapa merek melihat aturan EPR sebagai mekanisme pembagian biaya untuk  membantu menskalakan solusi daur ulang.

Limbah pakaian di penampungan pakaian pekas di Accra, Ghana. (dok Andrew Caballero-Reynolds/Bloomberg)

Langkah itu berisi hibah dan dana penelitian untuk mendukung teknologi daur ulang baru. H&M mendukung rancangan tersebut, dengan mengatakan ingin menggunakan 100% bahan daur ulang atau bersumber secara berkelanjutan pada tahun 2030. Meski demikian, banyak bahan semacam itu "belum tersedia secara komersial atau bahkan ditemukan".

Lululemon Athletica Inc. baru-baru ini bermitra dengan Samsara Eco, yang berbasis di Sydney, untuk mengubah limbah pakaian menjadi nilon dan poliester daur ulang.

Evrnu, sebuah perusahaan inovasi bahan yang berbasis di Seattle, juga berupaya mengubah limbah pakaian menjadi benang untuk kain baru. Produk pertamanya, Nucycl, terbuat dari tekstil bekas dengan kandungan kapas 98%, telah digunakan oleh Zara dan Pangaia.

Tetapi mengubah pakaian dengan poliester tingkat tinggi menjadi kain baru itu mahal dan menantang secara teknologi. Terdapat risiko hal tersebut memperburuk polusi mikroplastik.

“Modal cukup besar untuk menemukan solusi baru. Merek tidak memiliki buku cek untuk diinvestasikan. Kami tidak memiliki alur inovasi dalam industri pakaian jadi untuk memecahkan masalahnya” kata Chief Executive Officer (CEO) Evrnu Stacy Flynn.

Program EPR juga akan meningkatkan lanskap bagi perusahaan daur ulang menyortir dan mensirkulasi ulang tekstil, kata Chloe Sonder, salah satu pendiri dan CEO SuperCircle, yang membantu perusahaan mengelola limbah tekstil mereka.

Operasi ini membutuhkan sejumlah besar material untuk membuat prosesnya ekonomis. Meskipun potongan kecil kapas dari pakaian dalam atau T-shirt sulit untuk dikumpulkan. Program EPR dapat membantu pendaur ulang menarik lebih banyak barang bekas.

Limbah pakaian di penampungan pakaian pekas di Accra, Ghana. (dok Andrew Caballero-Reynolds/Bloomberg)

Pendukung EPR mengatakan bahwa program-program ini juga memiliki dampak di hulu. Penjualan kembali, persewaan, dan perbaikan membantu memastikan garmen dipakai lebih sering sebelum memasuki aliran limbah.

Meski demikian perusahaan harus "memikirkan kembali bagaimana mereka mendesain pakaian untuk menskala penggunaan kembali dan daur ulang dengan cara yang hemat biaya," kata Rachel Kibbe, direktur eksekutif dari American Circular Textiles Group, yang mendorong regulasi kebijakan di industri tekstil.

Desain produk terbaik, mekanisme penyortiran yang lebih bagus, dan dan lebih banyak bahan yang dapat didaur ulang, pada gilirannya membantu mengatasi beban yang ditanggung oleh negara-negara di Global South. Diketahui  sebagian besar dari apa yang memasuki perdagangan tekstil bekas berakhir sebagai limbah yang berbahaya bagi lingkungan.

Namun, saat ini, negara yang menerima dan mengelola pakaian, yang dikumpulkan melalui program EPR, tidak menerima dukungan finansial dari dana tersebut.

“Jika ada yang bisa dibuktikan dengan krisis limbah yang kita lihat di sini, di Accra setiap hari, itu adalah pakaian yang ada di planet kita, dalam jumlah yang tidak masuk akal. Ini akan menjadi usaha yang monumental untuk memperbaiki kerusakan ekologis, dan itulah tujuan kami di sini,” kata Ricketts dari Or Foundation.

(bbn)

No more pages