Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Skema Ponzi yang Kerap Dipakai Penipu Investasi Bodong

Whery Enggo Prayogi
26 May 2023 12:40

Investasi di tengah inflasi tinggi dan ancaman resesi global (Dimas Ardian/Bloomberg)
Investasi di tengah inflasi tinggi dan ancaman resesi global (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dugaan penipuan berkedok investasi pada aset kripto kembali jadi perbincangan, usai muncul petisi online dari Mus Tain, bahwa dirinya menjadi korban perusahaan. Dana mereka ditahan oleh perusahaan dengan berbagai alasan. Jumlahnya mencapai ratusan juta.

Hal ini kembali mengingatkan kita terhadap waspada atas penawaran investasi dengan janji tidak masuk akal. Penawaran aset kripto, yang tengah booming menjadi alat pihak-pihak tertentu untuk menerapkan sekma ponzi atau ‘money game’.

Sejatinya apa sih ponzi? Ini adalah skema yang lazim dipakai oleh penipu yang menjaring banyak anggota. Ponzy scheme berarti piramida dimana aliran dana terdistribusi dari level terbawah hingga paling atas. 

Promotor awal melakukan perekrutan kepada sejumlah investor, dan mereka yang sudah masuk menjadi anggota kemudian merekrut pihak lain, dan terus seperti itu hingga membentuk pola piramida.

Mulai dari puncak piramida, promotor awal atau admin, menarik dana dengan janji pengembalian dana plus hasil investasi yang menggiurkan. Dalam praktiknya sejatinya uang bukan berasal dari perputaran investasi, melainkan dari uang anggota baru yang bergabung.