Logo Bloomberg Technoz

Bertambah Satu Emiten Grup Bakrie di BEI, VKTR Incar IPO Rp1 T

Dityasa Hanin Forddanta
25 May 2023 10:00

Suasana RUPS Bakrie & Brothers (Dok bakrie-brothers.com)
Suasana RUPS Bakrie & Brothers (Dok bakrie-brothers.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), PT VKTR Teknologi Mobilitas akan menghelat initial public offering (IPO). Perusahaan ini bergerak di sektor perdagangan kendaraan listrik.

Berdasarkan prospektus ringkas, Kamis (25/5/2023), VKTR akan melepas sebanyak-banyaknya 8,75 miliar saham atau setara 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Harga nominal Rp10/saham, sedang harga penawaran berkisar Rp100/saham-Rp135/saham.

Artinya, VKTR akan memperoleh paling sedikit Rp875 miliar. Sedang batas atas perolehan IPO mencapai Rp1,14 triliun.

VKTR akan menggunakan 39,93% dana hasil IPO untuk belanja modal atau capital expenditure (capex). Capex ini mencakup pengembangan fasilitas perakitan kendaraan bemotor listrik berbasis baterai (KBLBB), research and development (R&D), pembelian peralatan produksi hingga akuisisi lahan untuk fasilitas produksi.

Kemudian, VKTR mengalokasikan 11,59% untuk penyertaan modal kepada anak usaha, PT Bakrie Autoparts, 2,49% untuk pelunasan kewajiban kepada PT Tambara Tama Mandiri, 1,38% untuk pelunasan kwajiban kepada PT Andara Multi Sarana, dan 44,61% dana hasil IPO untuk modal kerja.